Diet dengan makanan rendah glycemic index

Apakah GI Diet?
GI singkatan Glycemic Indeks dan merupakan ukuran dampak makanan terhadap gula darah Anda. Makanan dengan GI tinggi cenderung cepat meningkatkan kadar gula darah tubuh Anda, sedangkan makanan dengan GI rendah akan lebih lambat penyerapannya sehingga peningkatan gula darah menjadi lebih lama.

Makan banyak makanan GI tinggi memiliki dua kelemahan:
1) Anda menjadi lebih lapar dan ingin makan lebih banyak setelah makan makanan tinggi GI. Hal ini dikarenakan penyediaan energi oleh makanan GI tinggi tetapi bukan yang terakhir, akan segera diikuti oleh “menidurkan” energi.

2) Setelah makan makanan tinggi GI Anda akan memiliki banyak energi yang siap digunakan dalam darah Anda. Tubuh Anda akan menggunakan energi ini lebih dahulu dari pada sumber energi lain seperti lemak tubuh. Hal ini membuat lebih sulit untuk menurunkan berat badan.

Bagaimana Diet GI dapat membantu penurunan berat badan?
Dengan makan makanan yang memiliki GI rendah Anda akan merasa kurang lapar. Ini berarti bahwa daripada mengontrol makanan dalam diet anda, maka anda lebig baik mengontrol pilihan makanan yang memiliki GI rendah saja karena tubuh sudah “pusa” dengan makanan yang anda makan sehingga menjadi kurang lapar. Pada diet GI, keinginan Anda untuk makan snack berlebih harus sangat dikurangi, sehingga dengan makan lebih sedikit kalori Anda dapat mengendalikan berat badan Anda.

Apa yang terlihat seperti GI diet?
Orang yang mengikuti program diet GI akan cenderung makan makanan yang terdiri dari makanan dengan GI rendah dan akan didorong untuk menghindari makanan yang tinggi GI. Namun pencampuran makanan rendah GI dengan makanan GI tinggi menurunkan GI dari seluruh makanan, hal ini dapat membuatnya lebih kurang membatasi daripada diet lainnya. GI rendah tidak selalu berarti rendah lemak, sehingga sangat dianjurkan untuk memperhatikan kandungan lemak dalam makanan Anda.

Makanan apa yang tidak boleh dimakan?

Pada diet GI tidak ada makanan yang tidak bisa Anda makan, tetapi rahasianya adalah makan lebih sedikit makanan yang mengandung GI tinggi.

Hal utama untuk tidak makan makanan berlebih dan tetap menjaga GI diet sehingga dapat membantu Anda mencapai tujuan diet yang sebenarnya. Adalah penting bahwa Anda memperhatikan ukuran porsi dari makanan Anda dan mencoba untuk menjaganya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge