Kalau di pinggir jalan sekarang ini banyak semangka dijajakan, ada baiknya anda mampir dan membelinya. Lebih penting lagi anda mengkonsumsinya, apalagi kalau anda mengalami tekanan darah tinggi. Kenapa? Karena menurut sebuah studi baru di Florida State University (FSU), terdapat beberapa asam amino yang spesifik dalam semangka yang membantu meningkatkan fungsi arteri dan menurunkan tekanan darah.
Semangka adalah buah yang menjadi favorit pada musim musim panas. Di dalamnya terdapat vitamin, mineral, serat, dan nutrisi lainnya. Terasa segar jika dikonsumsi pada tengah hari yang terik.
Semangka kaya akan citrulline asam amino L-, prekursor L-arginine, yang membalikkan efek prehipertensi dengan mempertahankan fungsi arteri dan meningkatkan aliran darah yang tepat. Kami kutip dari Naturalnews, penelitian yang pertama ini dari jenisnya untuk menunjukkan manfaat ini pasti pada manusia (American Journal of Hypertension).
“Kami adalah yang pertama mendokumentasi hemodinamik aorta meningkat pada pria paruh baya prehypertensive tetapi dinyatakan sehat dan perempuan yang menerima dosis terapi semangka,” jelas Arturo Figueroa, asisten profesor di FSU dan co-penulis penelitian.
“Temuan ini menunjukkan bahwa ‘makanan fungsional’ memiliki efek vasodilatory, dan salah satu yang dapat mencegah hipertensi dari maju ke hipertensi full-blown, faktor risiko utama untuk penyakit jantung.”
Sumber L-citrulline
Ketika dikonsumsi, L-citrulline diproses oleh tubuh menjadi L-arginine, yang dikenal dengan memproduksi oksida nitrat yang diperlukan dalam darah. Oksida nitrat mempertahankan tekanan darah sehat dan mengatur nada vaskular tanpa terjadi efek samping negatif. Dan menurut Figueroa, semangka adalah sumber terkaya dimakan L-citrulline.
Baik Figueroa dan co-penulis Bahram Arjmandi digambarkan semangka sebagai makanan “fungsional”, yang berarti adalah “ilmiah terbukti memiliki kesehatan-mempromosikan atau penyakit-mencegah sifat, atas dan di luar nutrisi yang intrinsik sehat lainnya [ini juga memasok].”
“Individu dengan peningkatan tekanan darah dan kekakuan arteri – terutama mereka yang lebih tua dan mereka dengan penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 – akan mendapat manfaat dari L-citrulline,” kata Figueroa. “Dosis optimal tampaknya menjadi 4-6 gram per hari.”


wah tanpa saya sadri ternyata semangka bisa menurunkan tekanan darah.. hehehe.. informatif banget nie.. thanks